Tenun adalah salah satu warisan budaya yang menjadi kebanggaan serta menjadi jati diri bangsa Indonesia. Selain sebagai buah keterampilan turun temurun tenun juga merupakan komoditas budaya yang terus berkembang. Salah satu yang terus bertambah besar adalah Tenun Bali dari  Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem. Tak hanya memiliki pemandangan yang hijau, desa ini juga di kenal sebagai sentral pengrajin Tenun Bali.

Kerajinan tenun dari Desa Telagatawang yang berjarak 20 kilometer dari Denpasar ini juga memiliki tampilan tersendiri, tampilan motif dan warnanya yang berbeda menjadikan ciri khas sehingga produknya lebih dikenal dengan nama tenun ikat atau kain endek Sidemen.

Bali Arta Nadi merupakan salah satu merek Tenun Bali yang berasal dari Kecamatan Sidemen . lokasi Bali Arta Nadi tepatnya berada di Banjar Lantang Katik, Desa Telagatawang,  Kecamatan Sidemen,   Kabupaten Karangasem. Jika pada awalnya usaha yang berdiri pada tahun 2005 ini hanya dikenal oleh warga Bali saja kini produknya sudah di kenal sampai ke mancanegara. Corak dan motif endek Sidemen terus berinovasi dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan permintaan pasar dan sumber daya manusia atau SDMyang semakin berkembang. Motif tenun yang menjadi ciri khas dari Desa Sidemen yaitu cempaka, celedan, cepuk dan nagasari.  Motif-motif tersebut merupakan motif turun-temurun yang telah di lestarikan oleh warga desa yang mayoritas penduduknya yang berprofesi sebagai penenun. Motif tersebut merupakan motif-motif yang paling banyak dicari dan di beli. Selain dalam hal tampilan motif antara lain yang menjadi kekuatan dari tenun desa sidemen ini adalah cara pewarnaan yang merupakan bahan baku alami. Bahan-bahan alami yang digunakan seperti indigo, daun mangga, biji pinang, kulit kayu pingi, kayu secam, kunyit, dan ubi. Untuk harga, Bali Arta Nadi menawarkan harga yang cukup beragam misalnya Tenun Bali yang berbahan katun mulaidari harga 200 ribu rupiah sedangkan tenun yang berbahan sutra dijual denga harga 1 juta rupiah. berikut proses pembuatannya :

Jika anda tertarik untuk mendapatkan hasil tenunan Bali Arta Nadi anda dapat datang langsung ke Banjar Lantang Katik, Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, atau menghubungi Bapak Wayan Kawi dengan no telepon 081 236 308 656.

Atau dapat juga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem dengan no telepon 0363 21211, 0363 21486.