Perhiasan yang berbahan dasar emas dan perak adalah barang yang tidak asing bagi kaum hawa. Emas dan perak sering dipakai untuk cincin, gelang, kalung, anting-anting dan banyak lagi perhiasan lainnya. Hampir setiap perempuan di Indonesia memakai anting-anting dan umumnya berbahan dasar emas.

Namun tidak hanya kaum perempuan yang gemar memakai perhiasan, namun ada juga kaum pria yang gemar memakai perhiasan seperti cincin dan kalung.

Apalagi sekarang meningkatnya pemasaran batu akik, menyebabkan bertambah pula kebutuhan akan perhiasan emas dan perak.

Untuk di daerah Bali pengrajin perak banyak dijumpai di daerah Gianyar. Pengrajin perak terkenalnya di daerah Celuk Gianyar. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Karangasem juga mempunyai banyak pengrajin perak.

Jika dilihat dari segi kualitas, hasil kerajinan perak yang dihasilkan oleh pengrajin Karangasem tidak kalah dengan hasil kerajinan perak di daerah Celuk, Kabupaten Gianyar. Kemudian jika dibandingkan dari segi harga, hasil kerajinan perak pengrajin Karangasem juga tergolong murah, karena perhiasan perak tersebut dikerjakan langsung oleh pengrajinnya tanpa melalui sistem disubkontrakkan kembali kepada pengrajin lainnya.

Namun sayangnya pengrajin perak di Karangasem kurang dikenal oleh masyarakat luas seperti halnya di daerah Celuk, Kabupaten Gianyar. Oleh karena itu, menyebabkan banyak pengrajin perak yang buka di Gianyar.

Salah satu pengrajin perak yang ada di Kabupaten Karangasem adalah “Ardana Silver” yang dikelola oleh bapak I Gusti Ngurah Ardana. Tidak hanya mengerjakan perhiasan yang berbahan dasar perak namun saat ini juga berkembang membuat perhiasan yang berbahan dasar emas. Bapak I Gusti Ngurah Ardana menyediakan perhiasan emas dan perak yang sudah jadi, dan juga konsumen dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu agar perhiasan yang dikehendaki sesuai dengan selera konsumen tersebut.

Bagi yang berkunjung ke objek pariwisata Karangasem anda dapat mampir ke Desa Padangkerta, Kecamatan Karangasem. Apalagi bagi anda yang berkunjung ke Tirta Gangga, mesti akan melewati pengrajin perak “Ardana Silver”, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba hasil kerajinan emas dan perak pengrajin Karangasem. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem dengan no telepon 0363 21211, 0363 21486.